8 Cara Tepat Menyimpan Mentega wijsman Wisjman Agar Tahan Lama

Tidak sedikit orang yang menganggap jika menyimpan bahan makanan atau masakan di dalam kulkas dapat membuatnya tahan lama. Walau hal itu memang benar adanya, tetap saja ada aturan yang perlu diperhatikan. Misalnya saja cara penyimpanan dan batas waktu yang diperbolehkan.

Sebagai contoh, beberapa orang mungkin lebih memilih menyimpan mentega wijsman di dalam kulkas dibandingkan di lemari penyimpanan biasa. Sebagaimana diketahui mentega wijsman adalah bahan makanan yang seringkali digunakan. Entah itu untuk membuat roti, menumis sayur, atau lainnya. Lantas bagaimana menyimpan mentega wijsman yang benar?

Mentega Wijsman

Hal yang terpenting saat usai membeli mentega wijsman, yaitu simpan mentega wijsman dengan tepat agar mentega wijsman dapat bertahan dengan lama. Berikut beberapa tips cara menyimpan mentega wijsman yang belum akan Anda gunakan dalam waktu yang cepat.

Tips 1:

Agar coating menjadi cantik dan menarik, tambahkan cold butter dalam adonan. Lelehkan kemudian aduk hingga benar-benar merata sebelum dioleskan pada cake. Hasilnya, saat adonan dingin maka lapisan coating lebih kokoh, cantik dan terlihat manis.

Tips 2:

Untuk menghasilkan kue kering yang lembut dan enak, pastikan mengocok mentega wijsman dengan gula pasir terlebih dahulu sebelum mencampurkan bahan lainnya. Kocok hingga lembut dan mengembang. Bila rasanya kurang lembut, bisa dicek juga menggunakan jari.

Tips 3:

Jangan membeli sweet butter/unsalted butter dalam jumlah yang banyak karena ia tidak tahan lama dibandingkan dengan salted butter.

Tips 4:

Setelah dibekukan di dalam lemari es, pindahkan butter ke dalam suhu ruang setidaknya selama 5 jam sebelum digunakan agar hasil adonan tidak menggumpal.

Tips 5:

Agar butter tetap awet, simpan butter dalam plastik yang tertutup. Bila perlu gunakan foil-laminated paper.

Tips 6:

Jangan menggunakan butter yang dingin dari kulkas untuk adonan kue, hasilnya tidak akan pernah baik. Lelehkan di suhu ruang, atau pada beberapa resep tertentu Anda bisa melelehkannya di atas api.

Tips 7:

Mengingat harga mentega wijsman tidak murah dan jika Anda bermaksud menyimpan mentega wijsman dalam jangka waktu yang lama. Potong mentega wijsman menjadi beberapa bagian, kemudian simpan di dalam plastik yang kecil. Hal ini memudahkan pemakaian kembali serta membuat suhu mentega wijsman tetap terjaga.

Tips 8:

Ingin melelehkan mentega wijsman, boleh saja. Asalkan tidak dilelehkan di atas temperatur tinggi. Sehingga lebih baik panaskan air di dalam panci, kemudian masukkan mentega wijsman ke dalam sebuah wadah alumunium, baru masukkan ke dalam panci air panas tersebut hingga mentega wijsman leleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *